Pages

Minggu, 01 Mei 2016

PENGUKURAN : ALAT UKUR MASSA

1.  Standar dan Alat Ukur Massa

Massa suatu benda adalah banyak zat yang dikandung benda tersebut. Menurut satuan SI, satuan massa adalah kilogram (kg).

Dalam kehidupan sehari hari, kita sering menggunakan istilah berat. Misalnya, berat badan Budi 55 kg. Menurut fisika ungkapan tersebut tidak tepat, karena 55 kg adalah massa badan Budi. Berat dalam fisika memiliki pengertian yang berbeda dengan berat dalam kehidupan sehari hari. Menurut fisika, berat adalah gaya yang dialami oleh suatu benda yang mempunyai massa yang diakibatkan karena adanya gaya tarik bumi. Sesuai dengan pengertian ini, maka berat suatu benda di tempat tempat yang berlainan mungkin berbeda beda tergantung besarnya gaya grafitasi di tempat tersebut.

Satu kilogram didefinisikan sebagai massa dari suatu silinder yang dibuat dari campuran platina-iridium yang disebut kiligram standar. Silinder massa disimpan di Lembaga berat dan ukuran Internasional di Paris, Perancis.
  
2. Alat Ukur Massa

Alat ukur yang digunakan untuk mengukur besaran massa adalah Neraca. Terdapat beberapa jenis neraca, antara lain neraca lengan, neraca Ohauss, timbangan, neraca analitis.





Alat Ukur Massa, Panjang dan Waktu

1 komentar: